Library Picture

RECORD DETAIL
Back To Previous  XML Detail

Title Tan Malaka dan Dua Lakon Lain
Edition
Call Number 814 mohamad T
ISBN/ISSN 978-979-3778-56-3
Author(s) Mohamad, Goenawan
Subject(s)
Classification 814
Series Title
GMD Printed Book
Language Indonesia
Publisher KataKita
Publishing Year
Publishing Place Hoboken, NJ
Collation 128 halaman
Abstract/Notes Dalam buku ini ada tiga buah lakon dengan bentuk yang berbeda-beda.

Yang pertama, “Tan Malaka”, adala sebuah naskah yang ditulis untuk karya operas Komponis Tony Prabowo, yan direncanakan akan diproduksi tahun 2010 di Teater Salihara, Jakarta. Ia disebut “sebuah esai, sebuah opera” karena bentuk esai berperan besar dalam libretto ini.

Berbeda dengan dua libretto yang saya buat, “The King’s Witch” dan “Kali”, yang boleh dikatakan berupa montase puisi yang ditulis tanpa diarahkan untuk musik dan pentas, teks “Tan Malaka” saya tulis dengan mengacu ke kemungkinannya dibentuk dalam kur, aria, multimedia, dan posisi di pentas

Yang kedua, “Surti dan Tiga Sawunggaling”, sebuah monolog untuk aktor perempuan. Semula saya menulisnya untuk dibawakan Sri Qadaryatin dari Teater Garasi, Yogya. Rencana itu belum pernah terlaksana. Tapi tentu saja lakon ini bisa dimainkan oleh siapa saja.

Yang ketiga, “Visa”, adalah lakon satu babak. Naskah ni diterjemahkan dan diadaptasi ke dalam bahasa Jawa dan dipentaskan Teater Lungid di Solo, Jakarta, dan Surabaya. Dari pementasan itu saya dapat beberapa ide tambahan. Versi yang dimuat di buku ini belum dipentaskan sama sekali.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous