Library Picture

RECORD DETAIL
Back To Previous  XML Detail

Title Ithaf Al-Dhaki
Edition
Call Number
ISBN/ISSN 9789794337288
Author(s) Fathurahman, Oman
Subject(s)
Classification
Series Title Tafsir Wahdatul Wujud Bagi Muslim Nusantara.
GMD Printed Book
Language Indonesia
Publisher Mizan
Publishing Year 2012
Publishing Place Jakarta
Collation 382 hlm
Abstract/Notes Buku ini merupakan hasil telaah atas Itḥāf al-dhakī, karya sufi terkemuka Ibrāhīm al-Kūrānī (w. 1690) yang untuk pertama kalinya diterbitkan di Indonesia. Penulis mendasarkan kajian pada 17 dari 31 keseluruhan salinan manuskripnya di seluruh dunia. Itḥāf al-dhakī bisa disejajarkan dengan karya dari tokoh-tokoh besar sufi lainnya seperti Ṣadr al-Dīn Qūnawī, Saʻīd al-Dīn al-Farghānī, dan ‘Abd al-Raḥmān al-Jāmīʻ, yang selama ini dikenal sebagai penafsir ajaran falsafi Ibn ‘Arabī.

Selain itu, Itḥāf al-dhakī ini memiliki arti penting bagi publik Indonesia karena merupakan jawaban Ibrāhīm al-Kūrānī atas pertanyaan dari sejumlah muridnya asal Nusantara, khususnya Abdurrauf ibn ‘Ali al-Jawi al-Fansuri (w. 1693) di Aceh, tentang ajaran kontroversial wahdatul wujud Ibn ‘Arabī.

Ithaf al-dhaki menjadi bukti kuat telah adanya keterlibatan ulama Nusantara dalam wacana intelektual di dunia Islam global sejak abad ke-17, sehingga wilayah ini patut dianggap sebagai bagian penting tak terpisahkan dari dunia Islam secara keseluruhan.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous